MA Annur Al Huda

Sejarah Madrasah Aliyah Annur Al Huda Malang
a. Pendahuluan
Pada tahun 1998 Santri Pondok Pesantren “Annur Al Huda” Ngawonggo yang tamat MTS / SMP dan tidak dapat melanjutkan sekolah ke jenjang atasnya (SMA /MA) karena tidak mampu biaya sekolah berjumlah 35 anak. Sedangkan yang putus sekolah / Drof Out Kelas II MTs / SMP berjumlah 15 anak. Terdorong dengan jiwa perjuangan dan tanggung jawab memikirkan masa depan santri khususnya dan bangsa Indonesia pada umumnya. Dengan niat untuk mencetak sholikhin dan Sholikhat, Pengasuh Pondok Pesantren “Annur Al Huda” Ngawonggo yang pada saat itu menjabat sebagai kepala MA “Annur” Bululawang (Tahun : 1982 s/d 2005 ) KH.M.Ridlwan Alkanma,S.Ag. dengan biaya uang Shodaqoh Umur dari jama’ah Dzikir Fida’ PP”Annur Al Huda” Ngawonggo, Santri yang putus sekolah/ Drof Out berjumlah 15 anak di sekolahan di SMPI Hasyim Asy’ari Ngawonggo. Dan santri yang tamat MTs atau SMP yang tidak dapat melanjutkan sekolah berjumlah 35 anak di sekolahan di MA Annur Bululawang tetapi di tempatkan di desa Ngawonggo (Filial MA Annur Bululawang di Ngawonggo).

b.Berdirinya Filial MA Annur Bululawang Di Ngawonggo
Pada hari rabu legi Tanggal 19 Agustus 1998 / 26 Robiutsani 1418 H berdirilah Filial MA Annur bulu;awing di desa Ngawonggo bertempat di gedung MI Hasyim Asyari Ngawonggo dengan di hadiri oleh anggota kordinator kepala madrasah/ Sekolah Annur Bululawang beserta pengasuh Pondok Pesantren Annur 1,2,3 Bululawang dengan susunan acara sebagai berikut.
1) Pembukaan : Ust Nur wahid
2) Pembacaan ayat suci Alqur’an : Ust Sholikhin
3) Sambutan Sambutan
1. Kepala Desa : Bpk Umar Nashir
2. Pengurus Yayasan : Bpk Supatro Husain
3. Kepala Madrasah : M.Ridlwaqn Alkanma,S,Ag
4) Peresmian : K.A Damuji
5) Mauidloh Hasanah : KH. A Qusairi Anwar
6) Do’a dan Penutup : KH. A. Qusairi Anwar

c. Tempat KBM Filial MA Annur Bululawang Di Ngawonggo
Karena belum memiliki gedung sendiri untuk kegiatan belajar mengajar filial MA Annur Bululawang di Ngawonggo tempatnya berpindah – pindah.
1) Bertempat di gedung MI HAsyim Asyari Ngawonggo mulai hari Rabu Legi tanggal 19 Agustus 1998 / 26 Robiutsani 1418 H s/d Selasa Legi tanggal 2 Oktober 2001 / 15 Rojab 1422 H.
2) Bertempat di PP Annur Al Huda Ngawonngo mulai rabu pahing tanggal 3 Oktober 2001 / 16 Rojab 1422 H. s/d Ahad Pon tanggal 25 Agustus 2002 / 14 Jumadil Akhir 1423 H.
3) Bertempat di SDN Ngawonggo 1 Mulai senin wage tanggal 26 Agustus 2002 / 15 Jumadil Akhir 1423 H s/d Rabu Pahing tanggal 14 Juni 2004 / 26 Jumadil Ula 1425 H.
4) Kembali bertempat di gedung MI Hasyim Asy’ari Ngawonggo mulai hari kamis pon tanggal 15 Juli 2004 / 27 Jumadil Ula 1425H s/d Senin Pahing tanggal 13 Juli 2011/11 Rojab 1432H.
5) Boyongan bertempat di gedung milik sendiri selasa pon tanggal 14 Juni 2011 / 12 Rojab 1432 H.
Adapun denah lokasi ruang MA Annur Al Huda Ngawonggo Terlampir
d. Berdirnya MA “Annur Al Huda” Ngawonggo Tajinan Malang
Setelah Filial MA Annur Bululawang di Ngawonggo berjalan selama 3.5 Tahun dan sudah menamatkan siswanya 1 kali Filial MA Annur Bululawang di Ngawonggo berdiri sendiri dengan Nama Madrasah Aliyah Annur Al Huda Ngawonggo Tajinan Malang pada hari Selasa pon pada Tanggl 26 Februari 2002 / 13 Dulhijah 1422 H.

e. Piagam Pendirian MA “Annur Al Huda” Ngawonggo Tajinan Malang
Dengan berdirinya MA Annur Al Huda Ngawonggo Tajinan Malang tanggal 26 Februari 2002 / 13 Dulhijah 1422 H pengurus yayasan pendidikan Annur Al Huda Ngawongo Tajinan Malang pada hari senin tanggal 14 Oktober 2002 mengajukan permohonan izin pendirian Madrasah Suwasta MA Annur Al Huda Ngawonggo Tajinan Malang ke departemen Agama Republik Indonesia Kantor Wilayah Propinsi Jawa Timur dengan surat permohonan Nomor : 001/YPAA/MA/X/2002 tertanggal 14 Oktober 2002 dengan izin Allah SWT departemen Agama Republik Indonesia Kantor Wilayah Propinsi Jawa Timur telah memberikan piagam pendirian Madrasah Suwasta kepada MA Annur Al Huda Ngawonggo Tajinan Malang dengan Nomor Piagam : D/KW.13.4/MA/099/2005 tertanggal 16 Mei 2005 dengan setatus terdaftar dan diberikan nomor statistik madrasah (NSM) 312350720099
Adapun Piagam pendirian MA Annur Al Huda terlampir

f.Akreditasi MA “Annur Al Huda” Ngawonggo Tajinan Malang
Setelah MA Annur Al Huda Ngawonggo Tajinan Malang berdiri dengan setetus terdaftar selama 5 Tahun atas intruksi pengawas pendidikan Agama Islam Departemen Agama Kabupaten Malang MA Annur Al Huda Ngawonggo Tajinan Malang Harap mengajukan Akreditasi maka tepatnya pada hari selasa tanggal 19 September 2006 atau 26 Sya’ban 1427 H. MA Annur Al Huda Ngawonggo Tajinan Malang melaksanakan Akreditasi 1 yang di lakukan oleh dewan akreditasi madrasah propinsi Jawa Timur. Adapun Hasil Aklreditasi 1 MA Annur Al Huda Ngawonggo Tajinan Malang terakreditasi dengan pringkat B (Baik). Piagam Akreditasi Madrasah Aliyah Nomor : B / KW.13/4/MA/734 /2007 tertanggal 23 Maret 2007 Hasil penilaian ini berlaku untuk jangka waktu 4 Tahun terhitung sejak di keluarkan piagam akreditasi s/d 23 Maret 2011.
Berhubung masa berlakunya terakreditasi B Sudah Habis Pada tanggl 23 Maret 2011 untuk mengikuti akreditasi 2 sepertinya belum siap karena belum punya gedung sendiri, akhirnya pada hari senin keliwon tanggal 6 Juni 2011 / 4 Rojab 1432 H. kepala MA Annur Al Huda Ngawonggo Tajinan Malang dating kerumahnya pengawas pendidikan agama islam Kemenag Kabupaten Malang yaitu Ibu Suriah.S.Ag. M.Pd.i di Kepanjen minta agar akreditasi 2 MA Annur Al Huda Ngawonggo Tajinan Malang di tunda tahun depan yaitu tahun 2012 ternyata jawaban beliau tidak bisa dan harus di laksanakan pada bulan Juli 2011 Ini. Kerana akreditasi 2 ini harus di laksanakan pada bulan Juli 2011 dengan terpaksa dengan memohon pertolongan Allah SWT. Semua guru beserta pengurus yayasan komite sekolah dan murit MA Annur Al Huda Ngawonggo Tajinan Malang pada hari Selasa Pon Tanggal 14 Juni 2011 /12 Rojab 1432 H. mengadakan acara boyongan dengan mengadakan pawai dari gedung MI Hasyim Asy’ari Ngawonggo menuju gedung baru yang masih belum sempurna di pondok pesantren Annur Al Huda Ngawonggo Tajinan Malang kemudian istighosah dan berdo’a bersama-sama pada hari kamis keliwon tanggal 16 Juni 2011 / 14 Rojab 1432 H. MA Annur Al Huda Ngawonggo Tajinan Malang mendapat undangan dari badan akreditasi nasional sekolah / atau propinsi Jawa Timur untuk mengikuti acara Sosialisasi akreditasi di gedung Giriloka UPN Fiteran Surabaya ternyata bahwa pelaksanaan Akreditasi 2 MA Annur Al Huda Ngawonggo Tajinan Malang Jatuh pada hari selasa Kliwon 26 Juli 2011 / 24 Sya’ban 1432 H.
Pada hari jum’at legi tanggal 17 juni 2011 / 15 Rojab 1432 H. mengadakan rapat bersama dewan guru pengurus yayasan dan komite sekolah dengan agenda rapat pembentukan tim MA Annur Al Huda Ngawonggo Tajinan Malang dengan surat keputusan kepala MA Annur Al Huda Ngawonggo Tajinan Malang nomor : 21/MA/YPAA/ VI/2011 tertanggal 17 Juli 2011 selama 40 hari mulai hari ini sampai pelaksanaan Akreditasi tim akreditasi ini mulai bekerja untuk memenuhi sarana dan administrasi 8 komponen akreditasi.
Pelaksanaan Akreditasi 2 MA Annur Al Huda Ngawonggo Tajinan Malang pada hari selasa kliwon tanggal 26 Juli 2011 / 24 Sya’ban 1432 H. berjalan lancar para guru dan pengurus akreditasi sama senang karena 8 komponen akreditasi yang di tanyakan oleh Asesor dari badan akreditasi nasional propinsi Jawa Timur yaitu Bpk. Didik Puspito Priyo dan Bpk. Budi Hardjo.Ah. sudah ada dan kedua asesor tidak tegang, kekeluargaan sering tertawa dan menyenangkan.
Adapun tanggapan asesor yang di sampaikan didalam akreditasi 2 ini.
1) Kami kesini hanya mengecek Instrunmen Pengumpulan data dan Informasi pendukung Akreditasi MA Annur Al Huda Ngawonggo Tajinan Malang yang di kirim ke Surabaya dengan secoring 86 ( Terakreditasi A) Ini sudah betul apa belum ?
2) Menurut pengamatan kami disini ada yang kurang tetapi banyak yang lebih.
3) Saya Bejo Kemayangan di tugaskan kesini karena di sini banyak kelebihan yang tidak di jumpai di lainnya
Adapun hasil akreditasi 2 ini belum di ketahui dengan harapan semoga terakreditasi A (Amat Baik) karena sejarah ini di tulis sebelum adannya berita hasil akreditasi 2.
Sejarah berdirinya MA Annur Al Huda Ngawonggo Tajinan Malang ini terus berlanjut dan sejarah ini dsi tulis oleh pelaku sejarah kepala MA Annur Al Huda Ngawonggo Tajinan Malang pada hari kamis tanggal 25 Agustus 2011 / 25 Ramadlan 1432 H.
(sumber Dokumentasi Pengasuh PP Annur Al Huda Ngawonngo Tajinan)

2) Karakteristik Umum Madrasah Aliyah Annur Al Huda Ngawonggo Tajinan Malang
Sebagaimana Madrasah Aliyah yang lain, yaitu merupakan lembaga pendidikan formal yang sederajat dengan Sekolah Menengah Umum (SMU), MA Annur Al Huda Ngawonggo Tajinan Malang pun berusaha sebaik mungkin menyiapkan peserta didiknya untuk siap bersaing dengan peserta didik dari sekolah lain dalam hal melanjutkan pendidikan kejenjang pendidikan tinggi.
Letak geografis MA Annur Al Huda Ngawonggo Tajinan Malang berada di areal perdesaan yang tepatnya berada di desa Ngawonggo Kecamatan Tajinan Kabupaten Malang yang mana di desa tersebut tidak terdapat sekolah sejenjang SMA atau yang sederajat, karena itu sekolah ini menjadi sasaran siswa yang lulus SMP atau MTs di desa Ngawonggo dan sekitarnya diantaranya Desa Pandanmulyo, Desa Purboyo, Desa Kidangbang dll. Sekolah Sejenjang SMP yang berada di Daerah Ngawonggo dan sekitarnya yaitu SMPI Hasyim Asy’ari yang letaknya berada di sebelah Selatan MA Annur Al Huda Ngawonggo Tajinan Malang, Di sebelah barat terdapat MTS Al Munawaroh Pandanmulyo dan Mts Bahrul Ulum Jati Sari, Di sebelah Utara terdapat SMP Al Hikmah Tajinan, SMP Negrri Tajinan dan MTs Bahrul Ulum Tajinan dll. Selain itu masyarakat di desa Ngawonggo adalah masyarakat yang kebanyakan kurang mampu dalam segi ekonominya. Karena itu untuk membantu masyarakat yang kurang mampu Madrasah Aliyah Annur Al Huda memberikan beberapa keringanan dalam masalah administrasi.
MA Annur Al Huda Ngawonggo Tajinan Malang berada didalam lingkungan Pondok Putra Pesantren Annur Al Huda yang mana Bangunan Fisik Madrasah ini bisa di katakana cukup baik, hal ini di lihat dari bentuk kontruksi bangunan yang sudah bertingkat, Ruang Kelas 1, 2 dan 3 berada di bangunan atas sedangkan di bawah di fungsikan sebagai Mushola dan Aula. Pada bagian depan lingkungan sekolahan terlindungi Tembok dengan ketinggian kurang lebih 1,5 meter dan terdapat 3 gerbang yang menjadi jalan keluar masuk Madrasah. Ketika memasuki gerbang tengah kita akan melihat Mushola di sebelah barat, Aula di sebelah Timur kemudian di lantai 2 diatas kita terdapat tiga ruang yang berfungsi sebagai Ruang Kelas X, XI dan XII. Di utara jalan naik menuju kelas terdapat ruang OSIS kemudian kita akan melewati jalan turun, disebelah baratnya terdapat asrama siswa yang dulu pernah di gunakan sebagai kantor madrasah saat madrasah baru berdiri, akan tetapi sekarang telah memiliki gedung baru “Ar-rohmah” maka ruangan ini di kembalikan ke fungsi asalnya sebagai asrama siswa dan santri. Setelah itu terdapat rumah Pengasuh PP Annur Al Huda, dan kalau kita belok ke kiri terdapat Lapangan MA Annur Al Huda, dari sini kita sudah bisa melihat gedung baru “Ar-Rohmah” yang berdiri di utara Lapangan madrasah, terdiri dari 3 lantai, setiap lantai terdapat dua ruang mulai dari bawah sebelah selatan difungsikan sebagai kantor madrasah aliyah annur al huda, ruang sebelah utara di gunakan sebagai perpustakaan madrasah. Kemudian di lantai dua ruang sebelah selatan di gunakan sebagai laboratorium bahasa dan komputer, ruang sebelah utara sebagai UKS, dan terakhir dua ruang di lantai 3 digunakan sebagai asrama siswi dan santriwati.
Ketika kita memasuki kantor MA Annur Al Huda Ngawonggo Tajinan Malang maka akan kita lihat ruang guru yang cukup luas yang biasanya di gunakan oleh guru untuk menunggu jam pelajaran mulai, selain itu terdapat TV, meja Wakil kepala sekolah, Waka Kurikulum, Kesiswaan.dll, di sebelah selatan ruang guru terdapat ruang TU dan ruang kepala sekolah yang di pisahkan oleh tembok kaca.
Untuk meningkatkan kualitas pembinaan dan mutu siswa dan karena lingkungan madrasah terletak di lingkungan Pondok Pesantren yang notabene terdapat beberapa santri yang juga bersekolah di sekolah tersebut maka MA Annur Al Huda Ngawonggo Tajinan Malang juga menyediakan asrama siswa bagi siswa yang ingin mendalami Ilmu Agama. Hal ini terlihat dari beberapa lokal bangunan dibelakang Mushola untuk Asrama Putra dan di Timur Ndalem pengasuh untuk Asrama Putri selain itu siswa juga dapat memilih karena juga terdapat Pondok Pesantren Padepokan Suroyudo yang juga masih berada dibawah Yayasan Pendidikan Annur Al Huda.
MA Annur Al Huda Ngawonggo Tajinan Malang selalu berusaha terus berpacu dalam meningkatkan kualitas pelayanan dan kualitas pelaksanaan pendidikan untuk mengantarkan peserta didik agar mampu mewujudkan diri sebagai hamba Allah yang memiliki kemantaban aqidah, kekhusukan ibadah (spritual Quation), keluasan Iptek (Intelegency Quation), keluhuran akhlak ( Emotional Quation) sehingga dapat berprestasi dalam hidup bermasyarakat dalam mengembangkan tugas sebagai khalifah fil ardli yang dapat menjadi rahmatal lil alamin.
Menyadari tugas berat tersebut MA Annur Al Huda Ngawonggo Tajinan Malang telah melengkapi dan meningkatkan kualitas-kuantitas berbagai fasilitas pembelajaran. Sumber Daya Manusia (Guru dan Karyawan) selalu melakukan koordinasi/ kerjasama dengan lembaga terkait. Dengan bermodalkan semangat membaja, sumber daya manusia yang handal, harapan masyarakat yang professional serta posisi yang strategis, menjadi tumpuhan dan harapan masyarakat sebagai sekolah Islam, sekolah bermutu yang tidak terlalu mahal dikalangan masyarakat bawah akan tetapi juga berkualitas yang bisa dibanggakan. (Sumber Dokumentasi MA Annur Al Huda Ngawonggo Tajinan Malang tahun ajaran 2014/2015) unutuk lebih jelas silahkan lihat di website resmi sekolah di maannuralhuda.wordpress.com

Iklan